Minggu, 24 April 2011

Stan - Eminem ft. Dido





English Lyrics


Dido:

My tea's gone cold I'm wondering why I..
got out of bed at all
The morning rain clouds up my window..
and I can't see at all
And even if I could it'd all be gray,
but your picture on my wall
It reminds me, that it's not so bad,
it's not so bad..


My tea's gone cold I'm wondering why I..
got out of bed at all
The morning rain clouds up my window..
and I can't see at all
And even if I could it'd all be gray,
but your picture on my wall
It reminds me, that it's not so bad,
it's not so bad..

Eminem as 'Stan':


Dear Slim, I wrote you but you still ain't callin'
I left my cell, my pager and my home phone at the bottom
I sent two letters back in autumn, you must not've got 'em
There probably was a problem at the post office or somethin'
Sometimes I scribble addresses too sloppy when I jot 'em
But anyways, fuck it, what's been up, man? How's your daughter?
My girlfriend's pregnant too, I'm 'bout to be a father
If I have a daughter, guess what I'mma call her? I'mma name her Bonnie
I read about your Uncle Ronnie too, I'm sorry
I had a friend kill himself over some bitch who didn't want him
I know you probably hear this everyday, but I'm your biggest fan
I even got the underground shit that you did with Skam
I got a room full of your posters and your pictures man
I like the shit you did with Rawkus too, that shit was phat
Anyways, I hope you get this man, hit me back
Just to chat, truly yours, your biggest fan, this is Stan.

Dido:


My tea's gone cold I'm wondering why I..
got out of bed at all
The morning rain clouds up my window..
and I can't see at all
And even if I could it'd all be gray,
but your picture on my wall
It reminds me, that it's not so bad,
it's not so bad..

Eminem as 'Stan':


Dear Slim, you still ain't called or wrote, I hope you have a chance
I ain't mad, I just think it's fucked up you don't answer fans
If you didn't wanna talk to me outside your concert
You didn't have to, but you coulda signed an autograph for Matthew
That's my little brother man, he's only six years old
We waited in the blisterin' cold for you for four hours and you just said no
That's pretty shitty man, you're like his fuckin' idol
He wants to be just like you man, he likes you more than I do
I ain't that mad though, I just don't like bein' lied to, remember
When we met in Denver, you said if I'd write you, you would write back
See, I'm just like you in a way, I never knew my father neither
He used to always cheat on my mom and beat her
I can relate to what you're sayin' in your songs
So when I have a shitty day, I drift away and put 'em on
Cause I don't really got shit else so that shit helps when I'm depressed
I even got a tattoo of your name across the chest
Sometimes I even cut myself to see how much it bleeds
It's like adrenaline, the pain is such a sudden rush for me
See everythin' you say is real and I respect you cause you tell it
My girlfriend's jealous cause I talk about you 24/7
But she don't know you like I know you Slim, no one does
She don't know what it was like for people like us growin' up
You gotta call me man, I'll be the biggest fan you'll ever lose
Sincerely yours, Stan, P.S. We should be together too

Dido:


My tea's gone cold I'm wondering why I..
got out of bed at all
The morning rain clouds up my window..
and I can't see at all
And even if I could it'd all be gray,
but your picture on my wall
It reminds me, that it's not so bad,
it's not so bad..

Eminem as 'Stan':


Dear Mr. "I'm-Too-Good-to-Call-or-Write-My-Fans"
This'll be the last package I ever send your ass!
It's been six months and still no word, I don't deserve it?
I know you got my last two letters, I wrote the addresses on 'em perfect
So this is my cassette I'm sendin' you, I hope you hear it
I'm in the car right now, I'm doin' 90 on the freeway
Hey Slim, I drank a fifth of vodka, you dare me to drive?
You know the song by Phil Collins "In the Air of the Night"
About that guy who coulda saved that other guy from drownin'
But didn't, then Phil saw it all, then at a a show he found him?
That's kinda how this is, you coulda rescued me from drownin'
Now it's too late, I'm on a thousand downers now, I'm drowsy
And all I wanted was a lousy letter or a call
I hope you know I ripped all of your pictures off the wall
I love you Slim, we coulda been together, think about it
You ruined it now, I hope you can't sleep and you dream about it
And when you dream, I hope you can't sleep and you scream about it
I hope your conscience eats at you and you can't breathe without me
See Slim? Shut up bitch, I'm tryna talk!
Hey Slim, that's my girlfriend screamin' in the trunk
But I didn't slit her throat, I just tied her up, see, I ain't like you
Cause if she suffocates she'll suffer more and then she'll die too
Well, gotta go, I'm almost at the bridge now
Oh shit, I forgot, how am I supposed to send this shit out?

Dido:


My tea's gone cold I'm wondering why I..
got out of bed at all
The morning rain clouds up my window..
and I can't see at all
And even if I could it'd all be gray,
but your picture on my wall
It reminds me, that it's not so bad,
it's not so bad..

Eminem:


Dear Stan, I meant to write you sooner but I just been busy
You said your girlfriend's pregnant now, how far along is she?
Look, I'm really flattered you would call your daughter that
And here's an autograph for your brother, I wrote it on a Starter cap
I'm sorry I didn't see you at the show, I musta missed you
Don't think I did that shit intentionally just to diss you
But what's this shit you said about you like to cut your wrists too?
I say that shit just clownin' dog, come on, how fucked up is you?
You got some issues Stan, I think you need some counselin'
To help your ass from bouncin' off the walls when you get down some
And what's this shit about us meant to be together?
That type of shit'll make me not want us to meet each other
I really think you and your girlfriend need each other
Or maybe you just need to treat her better
I hope you get to read this letter, I just hope it reaches you in time
Before you hurt yourself, I think that you'll be doin' just fine
If you relax a little, I'm glad I inspire you, but Stan
Why are you so mad? Try to understand, that I do want you as a fan
I just don't want you to do some crazy shit
I seen this one shit on the news a couple weeks ago that made me sick
Some dude was drunk and drove his car over a bridge
And had his girlfriend in the trunk, and she was pregnant with his kid
And in the car they found a tape, but they didn't say who it was to
Come to think of it, his name was, it was you,
Damn!


Terjemahan Indonesia

Dido:


Tehku mendingin.
Entah mengapa aku belum menyentuh ranjang sedikitpun...
Hujan pagi memburamkan jendelaku,
Dan aku tidak bisa melihat apapun.
Bahkan meskipun aku bisa, segalanya akan kelabu.
Kecuali fotomu yang ada di dinding,
Ia mengingatkanku bahwa segalanya tidaklah begitu buruk...
Tidak begitu buruk.


Tehku mendingin.
Entah mengapa aku belum menyentuh ranjang sedikitpun...
Hujan pagi memburamkan jendelaku,
Dan aku tidak bisa melihat apapun.
Bahkan meskipun aku bisa, segalanya akan kelabu.
Kecuali fotomu yang ada di dinding,
Ia mengingatkanku bahwa segalanya tidaklah begitu buruk...
Tidak begitu buruk.


Eminem sebagai 'Stan':


Dear Slim,
Aku pernah menulis surat untukmu, tapi kau belum juga menghubungiku.
Aku meninggalkan nomor ponsel, pager, dan telepon rumahku di bagian bawah surat.
Aku juga kembali mengirim dua surat lagi di musim gugur, mungkin kau belum terima?
Mungkin ada masalah di kantor posnya atau apalah...
Memang sih, kadang aku mencantumkan alamat tujuan terlalu terburu-buru waktu menulis.
Tapi ngomong-ngomong, persetan dengan itu, apa kabarmu, sobat, gimana putrimu?
Pacarku juga lagi hamil, aku akan segera jadi ayah.
Kalau nanti aku punya anak, tebak akan kuberi nama siapa?
Dia akan kunamai Bonnie. (1)
Aku juga sudah baca mengenai Paman Ronnie-mu, aku ikut sedih. (2)
Aku juga pernah punya teman yang bunuh diri gara-gara ditolak sama ceweknya, si jalang sialan.


Mungkin kau selalu mendengar ini tiap hari, tapi, aku adalah penggemar terberatmu.
Bahkan aku punya Underground Shit yang kau buat bersama Skam. (3)
Dan ruanganku dipenuhi poster dan foto-fotomu, sobat.
Aku juga suka dengan lagu yang kau buat bersama Rawkus, mengagumkan. (4)
Yah, semoga kau menerima surat ini, balaslah surat ini.
Aku hanya mau ngobrol...
Sepenuhnya milikmu,
Penggemar terberatmu,
Dari Stan.


Dido:

Tehku mendingin.
Entah mengapa aku belum menyentuh ranjang sedikitpun...
Hujan pagi memburamkan jendelaku,
Dan aku tidak bisa melihat apapun.
Bahkan meskipun aku bisa, segalanya akan kelabu.
Kecuali fotomu yang ada di dinding,
Ia mengingatkanku bahwa segalanya tidaklah begitu buruk...
Tidak begitu buruk.

Eminem sebagai 'Stan':


Dear Slim,
Kau masih belum juga menghubungiku atau membalas suratku.
Kuharap kau punya sedikit waktu.
Aku tidak marah, hanya saja rasanya MENYEBALKAN sekali, kau tidak membalas surat dari penggemarmu.
Kalau kau tidak mau bicara padaku di luar konsermu, tidak perlu.
Tapi seharusnya kau bisa memberi tanda tangan ke Matthew, dia adikku, sobat.
Dia baru enam tahun.
Kami berdua menunggu sampai menggigil kedinginan di luar, berjam-jam.
Dan kau cuma bilang, "Tidak."
Itu menyebalkan sekali, sobat.
Kau mirip dengan idolanya, dia mau jadi sepertimu.
Dia menyukaimu, lebih dari aku.
Meskipun aku tidak begitu marah, tapi aku tidak suka bohong.
Ingat waktu kita ketemu di Denver?
Katamu kalau aku menulis surat, pasti kau akan balas.

Coba lihat, aku mirip denganmu mengenai suatu hal.
Aku juga tidak mengenal siapa ayahku;
Dia sering menyelingkuhi dan memukul ibuku.
Kadang aku merasa cocok dengan apa yang kau katakan di lagu-lagumu.
Jadi kalau hariku buruk, aku menyetir sambil mendengarkannya.
Itu karena tidak ada hal lain yang betul-betul bisa menghiburku,
Jadi hanya lagu-lagumulah yang bisa menolongku saat depresi.
Bahkan aku mengukir tato namamu di dadaku.

Kadang aku juga mengiris diriku untuk melihat seberapa banyak darah yang keluar.
Rasanya seperti adrenalinku, rasa sakitku menjalar dengan begitu tiba-tiba.
Lihat? Semua yang kau katakan itu nyata, dan aku kagum karena kau bisa mengungkapkannya.
Cewekku cemburu karena aku terus membicarakanmu 24/7.
Tapi dia tak'kan bisa mengenalmu seperti aku mengenalmu, Slim, tidak akan ada yang bisa.
Dia tidak tahu bagaimana orang seperti kita dibesarkan.
Kau harus segera menghubungiku, sobat, aku akan jadi penggemar terberat yang pernah kau lupakan.
Dengan setulus hati, milikmu, Stan.
P.S. Kita juga sebaiknya jadian.

Dido:


Tehku mendingin.
Entah mengapa aku belum menyentuh ranjang sedikitpun...
Hujan pagi memburamkan jendelaku,
Dan aku tidak bisa melihat apapun.
Bahkan meskipun aku bisa, segalanya akan kelabu.
Kecuali fotomu yang ada di dinding,
Ia mengingatkanku bahwa segalanya tidaklah begitu buruk...
Tidak begitu buruk.

Eminem sebagai 'Stan':


Untuk Tuan-Aku-Terlalu-Baik-Untuk-Menghubungi-Atau-Menyurati-Fansku,
Ini paket terakhir yang akan langsung kukirim ke pantatmu!
Sudah enam bulan dan tidak ada sepatah katapun, tidak ada yang kuterima?
Aku tahu kau membaca dua kata terakhir di suratku, aku menulisnya dengan sempurna!
Kalau begitu ini kasetku, kukirim untukmu, semoga kau dengar.



Aku sedang dalam mobil sekarang, beraksi 90 di jalan tol.
Hei Slim, aku habis minum lima gelas Vodka, kau menantangku balapan? (5)
Kau tahu lagunya Phil Collins - In The Air Of The Night?? (6)
Mengenai seorang pria yang bisa menolong orang lain yang sedang tenggelam
Tapi dia tidak menolongnya, dan Phil melihat semuanya, lalu di sebuah pertunjukan dia bertemu lagi dengannya.
Seperti itulah sekarang, kau bisa menolongku agar tidak tenggelam.
Sudah terlambat! Aku benar-benar kecewa sekarang, beribu-ribu kali lipat, aku ngantuk.
Padahal aku cuma mengharapkan sebuah surat bodoh atau telepon.
Semoga kau tahu bahwa semua gambar-gambarmu di dindingku sudah kucabik-cabik tadi!


Aku mencintamu Slim... Kita bisa jadian, pikir-pikirlah...
Kau merusak semuanya, semoga kau tidak bisa tidur dan memimpikan ini semua
Dan waktu mimpi, semoga kau tidak bisa tidur dan terus menjerit!
Kuharap hati kecilmu memakanmu dan kau tidak bisa bernafas tanpa aku!
Lihat, Slim?
Diam jalang, aku masih bicara!
Hei, Slim, tadi itu cewekku yang berteriak di bagasi.
Tapi dia tidak kugorok, hanya kuikat.
Lihat, aku tidak seperti kau.
Kalau dia tercekik, dia akan lebih menderita dan juga akan mati. (7)


Well, sudah sampai, aku hampir sampai di jembatan.
Oh sial, aku lupa bagaimana caranya kukirim kaset sialan ini?


Dido:

Tehku mendingin.
Entah mengapa aku belum menyentuh ranjang sedikitpun...
Hujan pagi memburamkan jendelaku,
Dan aku tidak bisa melihat apapun.
Bahkan meskipun aku bisa, segalanya akan kelabu.
Kecuali fotomu yang ada di dinding,
Ia mengingatkanku bahwa segalanya tidaklah begitu buruk...
Tidak begitu buruk.

Eminem:


Dear Stan,
Aku mau membalas suratmu sesegera mungkin, tapi aku sangat sibuk...
Kau bilang cewekmu sedang hamil, sudah berapa bulan?
Dan aku juga sangat tersanjung kau mau menamai anakmu dengan nama itu.
Dan ini tanda tangan untuk adikmu, kuukir di topi Starter ini.
Sori aku tidak melihatmu di pertunjukkan, aku pasti melewatimu.
Jangan pernah berpikir aku sengaja melakukannya untuk membeda-bedakanmu.

Tapi apa ini? Kau bilang kau suka mengiris pergelangan tanganmu?
Aku cuma lucu-lucuan tentang itu, ayolah, betapa gilanya kau?
Kau punya masalah, Stan, sebaiknya kau pergi konseling..
Hanya agar kau terbantu berdiri saat bokongmu terantuk ke lantai.

Dan apa maksudnya dengan kita jadian?
Yang seperti inilah yang membuatku jadi tidak mau kita bertemu lagi.
Kurasa kau dan pacarmu saling membutuhkan.
Atau mungkin kau hanya perlu memperlakukannya lebih baik lagi.
Semoga kau membaca surat ini, kuharap segera sampai padamu.
Sebelum kau menyakiti dirimu lebih jauh lagi,
Kurasa kau akan baik-baik saja kalau kau mencoba rileks sedikit.
Aku senang bisa menginspirasimu, tapi Stan,
Kenapa kau begitu marah?
Tolonglah mengerti, aku hanya mau kau jadi penggemarku.
Aku tidak mau kau melakukan hal-hal bodoh.
Baru-baru aku membaca berita tentang sepasang kekasih yang memprihatinkan
Ada pria yang mabuk mengendarai mobilnya dan menyosor ke jembatan
Dan pacarnya ada di bagasi mobil, sedang hamil.
Di dalam mobilnya ditemukan rekaman, tapi mereka tidak mau memberitahu untuk siapa rekaman itu.
Coba lihat-lihat, namanya adalah...
Itu kamu!
Sial.


(1) 97 Bonnie & Clyde - Eminem.
(2) Buku "The Way I Am"  by Eminem.
(4) Any Man song.
(5) My Name Is - Eminem.
(7) 97 Bonnie & Clyde - Eminem. Stan bahkan mengikuti skenario pembunuhan Eminem dengan sedikit modifikasi. Di video Eminem, pacar Eminem sudah mati sebelum dibuang ke danau. Stan mengatakan versi pembunuhannya lebih bagus karena dia membuat pacarnya menderita sambil mati.

4 komentar:

  1. Sayang banget post sekeren ini ga ada yang apresiasi.
    Aku leave comment, sumpah blognya keren :)

    BalasHapus
  2. iya bener... setuju sama agan ichigo... terlalu sayang jika post sebagus ini gak dikoment... :) good job brother, lanjutkan karyamu.
    salam kenal
    admin ayapoe.com

    BalasHapus
  3. good job! thanks berat, stan sedikit mirip dengan saya! lagu ini membuatku merinding!

    BalasHapus